Menu Close

Mengenal Ciri-ciri Bakteri Baik (Probiotik) yang Hidup di dalam Usus Manusia

Untuk melancarkan pencernaan maka di dalam usus selain ada organ yang bekerja untuk mencerna makanan, maka juga ada bakteri yang berperan dalam hal pembusukan. Sehingga nantinya tubuh bisa mengeluarkan kotoran setiap hari, bakteri baik ini dikenal juga sebagai probiotik. Probiotik untuk kesehatan saluran cerna ini tentunya bukan hal yang baru lagi Anda dengar bukan. Karena sekarang ini juga banyak sekali tersedia produk-produk makanan yang disertai dengan kandungan probiotik di dalamnya untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sebenarnya probiotik ini sendiri sudah ada di dalam tubuh manusia, namun jumlahnya terbatas, sehingga harus dibantu dengan konsumsi makanan-makanan tertentu, layaknya makanan yang di fermentasi yaitu yogurt, kimchi, tempe dan sejenisnya, bahan makanan yang memang dikenal memiliki banyak sekali bakteri baik di dalamnya, sehingga bagus untuk pencernaan. Namun jumlah yang terlalu berlebihan juga kurang begitu baik untuk tubuh, karena bisa memicu efek seperti diantaranya adalah diare dan juga alergi, sehingga batasi konsumsinya.

Pada dasarnya probiotik yang baik memiliki beberapa ciri yang harus diketahui, yaitu:

  1. Berasal dari manusia, yaitu yang memang sudah hidup sejak lama di dalam perut manusia, hanya butuh beberapa bahan saja yang nantinya akan membuat pertumbuhannya meningkat kian banyak.
  2. Bisa tumbuh dan juga bertahan pada saluran cerna, tidak mudah mati karena serangan bakteri lain yang berbahaya.
  3. Probiotik hendaknya juga tahan terhadap asam lambung dan empedu, tidak mudah mati meskipun produksi cairan tersebut banyak di dalam tubuh.
  4. Dapat menghasilkan sebuah zat yang sifatnya antimikroba, inilah yang berperan untuk melawan bakteri berbahaya dan benda-benda asing penyebab penyakit.
  5. Dapat berperang melawan bakteri yang sifatnya patogen atau merugikan tubuh manusia.

Sehingga jika jumlahnya kurang tubuh akan merespon dengan beberapa gejala seperti diantaranya adalah keracunan, mudah terserang penyakit dan sejenisnya. Jadi bisa di suplay dari luar, tak hanya probiotik saja, melainkan senyawa lain seperti zat besi, pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia ini juga bisa ditunjang dengan konsumsi multivitaminnya, temukan di Go Apotik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.